Penyakit trypophobia

Trypophobia, Penyakit atau Bukan?

Sanmelo – Dalam dunia medis ada banyak istilah-istilah untuk menyebutkan suatu gejala atau nama penyakit, bahkan beberapa istilah menunjukan suatu penyakit yang sebagian orang berpikir tidak masuk akal atau aneh. Salah satu hal yang hanya dialami oleh sebagian orang adalah fobia.

Istilah fobia sudah tak asing lagi ditelinga masyakarat. Secara umum masyarakat lebih sering menemui fobia ketinggian atau fobia akan ruangan sempit. Fobia tersebut sangat umum di lingkungan sekitar. Fobia sendiri merupakan ketakutan luar biasa dan tidak masuk akal atas suatu objek ataupun situasi yang menimbulkan dampak nyata, yang diikuti dengan rasa cemas untuk menghindarinya. Biasanya, fobia terjadi dalam jangka waktu yang lama dan terkadang menimbulkan reaksi fisik maupun psikologis yang terjadi terus menerus.

Fobia juga mampu mempengaruhi kemampuan penderitanya untuk bertindak secara normal saat di suatu lingkungan tertentu. Tak hanya fobia akan ketinggian, laba-laba, kegelapan, ruang sempit yang ada di dunia ini. Ternyata beberapa orang juga memiliki fobia yang aneh, salah satunya adalah trypophobia.

Trypophobia adalah salah satu fobia unik yang ada di dunia. Penyakit trypophobia merupakan kondisi dimana seseorang mengalami ketakutan luar biasa akan sekumpulan lubang-lubang kecil. Penderita penyakit trypophobia akan merasa jijik dan timbul rasa takut saat melihat lubang-lubang kecil yang kemudian menimbulkan perasaan ilusi seolah memiliki lubang-lubang kecil pada tubuhnya. Biasanya benda yang dapat memicu penderita penyakit trypophobia saat melihat benda seperti spons, sarang lebah, gelembung, dan lubang-lubang lainnya.

Seorang psikolog dari Universitas Kent di Inggris menjelaskan bahwa penyebab dari kondisi penyakit trypophobia dapat timbul karena perasaan akan sebuah parasit dan penyakit. Mereka menjelaskan bahwa penderita trypophobia memiliki kondisi dimana mereka takut akan tertular infeksi penyakit. Penyakit yang dimaksud adalah seperti botflies, cacar, campak, rubela, tifus, demam scarlet, dan lain-lain yang memiliki bentuk pola melingkar dan lubang. Hal ini yang membuat penderita trypophobia menjadi takut akan lubang-lubang.

Penyakit trypophobia

Gejala Penyakit Trypophobia

Saat melihat banyak lubang, penderita penyakit trypophobia akan merasa gatal sekujur tubuh. Tak hanya gatal, penderita akan merasa gelisah saat melihat objek yang memiliki banyak lubang. Beberapa reaksi yang akan timbul jika penderita penyakit trypophobia melihat hal-hal yang dapat memicu perasaan fobianya adalah:

  1. Panik dan kemudian timbul rasa takut yang tak terkendali saat melihat objek lubang-lubang kecil.
  2. Tubuhnya tak berfungsi secara normal dan optimal akibat rasa takut dan cemas yang berlebihan.
  3. Penderita akan mengeluarkan keringat, denyut jantung yang berdegup kencang, sesak nafas, panik, dan cemas.
  4. Kehilangan kekuatan untuk menghindarinya.
  5. Tak jarang penderita fobia ini akan menangis, terutama pada anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *