makanan sehat

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Sanmelo – Buat kamu yang saat ini lagi ‘berbadan dua’ alias mengandung, sudahkah kamu mencari tahu sumber dan jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib kamu konsumsi setiap hari atau bahkan sesering mungkin. Bagi kamu yang hamil anak pertama dan belum memiliki pengalaman hamil sebelumnya, mungkin agak bingung untuk mencari makanan sehat, yang bisa dikonsumsi untuk ibu maupun si calon bayi.

Jangan khawatir, kami akan memberi rekomendasi 9 jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Kamu juga harus tahu, bahwa calon bayi dalam janin yang mendapat asupan makanan sehat ini, cenderung akan mengenali dan menerima rasa makanan tersebut di kemudian hari. Apa saja sih 9 jenis makanan sehat yang dimaksud?

makanan sehat

1. Ikan salmon

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah ikan salmon yang sangat kaya akan asam lemak omega-3. Kebanyakan orang, termasuk wanita hamil, hanya sedikit mendapatkan omega-3 dari asupan makanan mereka.

Asam lemak omega-3 sangat penting selama kehamilan, terutama asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Zat bergizi ini ditemukan dalam jumlah tinggi dalam makanan laut yang fungsinya untuk membantu membangun otak dan mata janin.

Namun, wanita hamil pada umumnya disarankan untuk membatasi asupan makanan laut yakni hanya dua kali seminggu, karena dikhawatirkan merkuri dan kontaminasi zat lainnya ditemukan pada ikan berlemak. Hal ini justru menyebabkan beberapa wanita hamil menghindari makanan laut sama sekali, serta membatasi asupan asam lemak omega-3 esensial.

2. Kacang polong

Kacang merupakan sumber protein, zat besi, asam folat, potasium, magnesium, dan asam lemak esensial  yang sangat penting bagi masa kehamilan kamu. Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang baik untuk sumber serat, yang dapat membantu wanita hamil terhindar dari sembelit dan wasir. Buat kamu yang pernah punya pengalaman hamil sebelumnya, pasti sudah tahu dua penyakit yang sering menyerang ibu hamil ini, kan?

3. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung banyak zat karotenoid, yaitu sejenis pigmen tumbuhan yang ketika masuk ke dalam tubuh dapat diubah menjadi vitamin A. Ubi juga merupakan sumber vitamin C, asam folat, dan serat. Kamu bisa mencoba makan ubi jalar melalui berbagai olahan yang sangat lezat.

4. Biji-bijian

Biji-bijian utuh kaya akan serat dan nutrisi, termasuk antioksidan, vitamin E dan mineral selenium. Juga mengandung fitonutrien, senyawa tanaman yang melindungi sel dalam tubuh.

5. Kenari

Kenari adalah salah satu sumber terkaya dari omega-3 berbasis tumbuhan. Jenis panganan ini merupakan sumber protein dan serat yang baik. Ambil segenggam biji kenari sebagai makanan camilan sehari-hari, atau kamu juga bisa mengonsumsinya dengan salad.

6. Yogurt

Kamu bisa coba Yogurt dari Yunani, yang memiliki dua kali protein lebih banyak dari yogurt biasa. Plus, ini adalah sumber probiotik dan kalsium yang akan membantu menjaga tulang kamu tetap kuat, serta berkontribusi pada pertumbuhan kerangka tulang yang sehat untuk calon bayi kamu. Kamu bisa konsumsi yogurt sebagai menu sarapan pagi yang lezat, ditambah dengan potongan buah stroberi, pisang dan buah beri. Dicoba yuk.

7. Sayuran hijau tua

Brokoli dan sayuran hijau tua, seperti kangkung, brokoli dan bayam, mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Termasuk juga kandungan serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat dan potasium, yang ada di dalamnya. Sayuran hijau sudah terbukti menjadi andalan makanan sehat untuk ibu hamil.

Brokoli dan sayuran hijau yang kaya akan antioksidan, ternyata juga mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, sayuran ini juga dapat membantu mencegah sembelit, yang sering mengganggu di masa kehamilan. Mengonsumsi sayuran hijau dan berdaun juga dikaitkan untuk menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Yuk, jaga kondisi janin sejak dini dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil demi mengurangi risiko datangnya penyakit-penyakit berbahaya yang tidak diinginkan serta untuk menjaga agar bayi dapat terlahir dengan sehat tanpa terkontaminasi penyakit apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *